Dua minggu lalu, kebetulan diundang mengikuti sebuah workshop yang diadakan oleh salah satu perusahaan inkubator lokal dan bekerja sama dengan Microsoft. Tema worskhop ini sendiri adalah LEAP : Leveraging Entrepreneurial Actions Program. Acara yang cukup baik namun cukup menggelitik. Kenapa? Karena diawal dikira konsep acaranya adalah mengundang pembicara yang membagi tips & trick dalam dunia entrepreneur, namun ternyata konsep yang dibawakan adalah semacam presentasi dan diselingi dengan game-game dan quiz yang cukup unik dan menarik.

Salah satu dari quiz yang diberikan oleh si presenter adalah membuat Visi dan Misi pribadi. Nah lho! Dalam hati jadi mikir ‘waduh, visi dan misi gue apaan ya?!’. Memang terlihat sepele, namun ternyata sangat sulit mencetuskan visi dan misi pribadi dan menuangkan ke selembar kertas putih. Hmm ‘ternyata selama ini gue gak pernah kepikiran untuk membuat visi dan misi pribadi’. Secara ringkas, visi adalah tujuan apa yang ingin kita capai dan memiliki nilai tambah dan berbeda dari pihak lain. Sementara misi adalah cara atau langkah yang kita lakukan dalam mencapai keutuhan visi.

Visi dan Misi

Menurut J.B. Whittaker dalam bukunya “Strategic Planning and Management”, visi adalah gambaran masa depan yang akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan.

Jujur, cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk bahkan sekedar memikirkan visi dan misi pribadi. Kebayang dong ini baru visi dan misi pribadi lho! Apalagi kalo harus membuat visi dan misi sebuah organisasi ataupun perusahaan ya. Setelah mikir barang beberapa jenak, due to lack of time given, akhirnya visi yang berhasil tertulis di selembar kertas putih yang diberikan adalah sebagai berikut :

Menjadi pribadi yang lebih baik di tahun 2015 dan seterusnya

Walhasil, tulisan seuprit hasil mikir se-abad tersebut, mendapat komen dari rekan sebelah yang kebetulan ngintip. Kok visi begitu sih? Apa yang menjadi nilai beda dari yang lain? Parameter lebih baik-nya apa tuh? Dan segepok pertanyaan lain yang rada menohok. Ya mau gimana lagi, cuman itu yang kepikiran, dan berhubung waktu mikir yang diberikan cukup mepet. Masih syukur udah berhasil tertuang. Dan tindak lanjutnya adalah, semua peserta workshop kembali diberikan tugas untuk menuangkan misi dari visi yang udah tertulis barusan. Nah!!

Kembali, dibutuhkan waktu yang lama untuk menuangkan misi demi suksesnya visi pribadi. Mikir boleh mikir, sekiranya berikut adalah 7 hal sebagai misi yang perlu ditingkatkan di tahun 2015, demi terciptanya pribadi yang lebih baik di tahun 2015 dan seterusnya :

1. Team Work

Kerjaan sekarang memang menuntut team work yang sangat baik, kalo tidak bisa dibilang sempurna. Team work gak hanya melulu soal mengerjakan sesuatu dengan benar, tapi juga bisa saling membantu antar anggota dan berkomunikasi dengan baik satu sama lain. Kuncinya adalah komunikasi dan tanggung jawab.

2. Knowledge

Yak, kebetulan juga sekarang lagi ngambil S-2. Jadi ya misi ini sejalan dengan yang udah dilakukan di tahun sebelumnya. Yaa semoga aja di tahun ini bisa lulus segera. Aminn

3. Communication

Satu hal ini yang dirasa emang masih sangat kurang. Ber-bahasa Indonesia dengan baik dan benar adalah wajib hukumnya. Dan boleh dibilang ber-bahasa Inggris juga hampir mendekati wajib. Nilai plus kalo bisa menambah perbendaharaan ber-bahasa lainnya. Mandarin, Jerman, atau Prancis adalah alternatif terbaik.

4. Pro-Active

Gak hanya sekedar aktif, apalagi pasif, sekarang udah jamannya kita harus bersikap pro-aktif. Kata kuncinya adalah niat dan inisiatif.

5. Leadership

Hal ini juga masih dirasa kurang. Gak heran kalo leadership dijadikan misi di tahun 2015 ini. Solusinya banyak sebenarnya : sering ikutan organisasi di luar kantor, leading project di kantor, atau boleh dicoba yang anti-mainstream yaitu mungkin nyobain buat komunitas hobi atau seru-seruan. Interesting.

6. Discipline

Hmm, masalah disiplin emang selalu menjadi problem dari tahun ke tahun. Banyak cara simpel sebenernya buat ngelatih disiplin : mulai dari kebiasaan bangun pagi, disiplin ngerjain tugas kuliah atau kantor, disiplin dalam hal pengeluaran atau finansial. Memang keliatan simpel, tapi memang berat melakukannya kalo kita gak menjadikannya kebiasaan. Harus bisa!

7. Keep Your Health

Lebih tepat bukan dibilang misi, tapi lebih sebagai kewajiban. Mau tahun berapa-pun, kayaknya kesehatan harus tetap menjadi prioritas. Enam poin diatas gak akan mungkin kejadian, kalo poin nomor 7 ini gak dijalanin. Banyak pe-er nya : rutin berolahraga, kurangin waktu begadang, kurangin makanan dan minuman gak sehat, perbanyak jalan kaki, dan istirahat yang cukup.

Jadi 7 hal diatas adalah hal yang perlu ditingkatkan (menurut diri pribadi), sudah (terlanjur) tertuang dari otak dan berhasil dituliskan dalam sebuah kertas. Jujur aja 7 hal itu yang dirasa memang perlu untuk ditingkatkan lebih jauh untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Berhubung sebentar lagi udah mau tahun 2015, gak ada salahnya coba di re-write ke dalam blog dan semoga menjadi motivasi untuk mencapai visi pribadi. Bravo and Wish me Luck!

p.s. Tulisan ini sebenarnya bukan sebagai referensi bagi siapapun yang membaca, namun lebih kepada self-reminder dan motivasi diri. hehe. Tapi gak ada salahnya juga kok kalo ternyata 7 hal diatas juga merupakan hal yang dirasa penting bagi pembaca, dan bisa dimasukkan ke dalam resolusi di tahun 2015.

Be Better! and Happy New Year – 2015!

Total Views: 2438 ,