Kadang cukup banyak orang yang mempertanyakan selera musik seseorang. Contoh paling gampang adalah orang tersebut menyukai musik dengan genre cadas alias musik keras : alternative, rock, death metal, punk rock, screamo, grunge, dan lainnya. Sementara di sisi lain ada pihak-pihak yang menyukai lagu slow atau lagu mellow.

Kok bisa doyan sih denger lagu keras begitu? Gak pusing apa?

Kok bisa sih doyan, kan musiknya gak jelas gitu?

Yah satu yang pasti, selera orang kan beda-beda. Mungkin bagi beberapa orang, telinganya lebih nerima musik yang masuk ke otaknya adalah musik yang cepat dan keras khas musik punk. Ada juga yang nerima musik dengan erangan suara khas musik death metal. Atau mungkin juga ada yang emang merasa lebih macho kalo dengerin musik-musik underground yang sangar dan beringas. Gak sedikit juga yang merasa terbuai dengan lirik sendu ala lagu mellow.

Yang jelas musik ataupun lagu adalah untaian kata-kata yang disusun berdasarkan pengalaman atau curhatan si penulis lagu. Rocker juga manusia juga kan, begitu kata band Seurieus. Dan ternyata ada juga kok beberapa band cadas yang tidak hanya melulu memproduksi lagu sangar dan beringas. Mungkin pas lagu itu diciptakan, si pencipta lagu sedang dalam gak mood meng-aransemen musik keras, so, jadilah lagu yang diproduksi lebih terdengar mellow daripada kebanyakan lagu-lagu mereka. Berikut adalah 7 lagu mellow dari band-band cadas internasional :

1. Slipknot – Snuff

slipknot

“Slipknot (source : wallpup.com)”

Siapa sangka, Slipknot yang orang-orang tau sebagai band cadas dengan tampilan topeng super serem, ternyata bisa juga menelurkan lagu mellow. Coba aja denger lagu berjudul Snuff ini. Dibawakan dengan format semi-acoustic, suara parau vokalis Corey Taylor berhasil menyihir penikmat musik, ternyata Slipknot bisa juga menghasilkan lagu pelan seperti ini. Slipknot yang kebanyakan lagunya isinya screaming  vokalis plus aransemen musik sangar brilian, kali ini tampil dengan aransemen lagu yang lembut dan terstruktur.

………………..So if you love me, let me go.
And run away before I know.
My heart is just too dark to care.
I can’t destroy what isn’t there.
Deliver me into my fate –
If I’m alone I cannot hate
I don’t deserve to have you…
My smile was taken long ago
If I can change I hope I never know………………..

2. Sum 41 – Pieces

sum 41

“Sum 41 (source : myspace.com)”

Band beraliran punk rock ini juga pernah menelurkan lagu yang lebih pelan dibandingkan karya mereka lainnya. Pieces merupakan lagu ciptaan sang vokalis Deryck Whebly, yang menceritakan tentang kegalauan dirinya dalam mencari jati diri.

…………….If you believe it’s in my soul
I’d say all the words that I know
Just to see if it would show
But I tried to let you know
That I’m better off on my own…………..

3. Staind – Outside

staind

“Staind (source : bandswallpapers.com)”

 

Lagu ini pastinya udah pada kenal dong ya. Outside yang dibawakan oleh band alternative rock Staind. Lirik lagu yang sempurna, suara vokalis yang prima, dan aransemen musik yang aduhai, sempat membawa lagu ini merajai tangga lagu pada jamannya.

……………..But I’m on the outside
And I’m looking in
I can see through you
See your true colors
‘Cause inside you’re ugly
You’re ugly like me
I can see through you
See to the real you………………..

4. Dream Theater – Spirit Carries On

dream theater

“Dream Theater (source : dreamtheater.net)”

Band legendaris ini emang gak ada matinya. Siapa yang gak kenal sama suhu-nya progressive rock ini? Siapa yang gak kenal John Petrucci atau Mike Portnoy? Band ini emang sangat terkenal pada masa jayanya. Dan dari sekian banyak lagu-lagu keras yang mereka buat, terselip satu lagu legendaris berjudul Spirit Carries On. Lagu ini lebih bersifat religius dengan bertemakan kepercayaan kepada yang Maha Kuasa.

…………If I die tomorrow
I’d be alright
Because I believe
That after we’re gone
The spirit carries on………….

5. Red Jumpsuit Apparatus  – Your Guardian Angel

rja

“Red Jumpusit Apparatus (source : bandswallpapers.com)”

Band beraliran screamo ini terkenal dengan suara vokalisnya yang melengking cukup tinggi. Sesuai dengan genre musik yang mereka tekuni. Salah satu lagu mereka, Your Guardian Angel, merupakan salah satu yang bisa membuat kita merinding dengan segala paduan aransemen musik dan liriknya yang cukup padat makna.

………..When I see your smile
Tears roll down my face I can’t replace
And now that I’m strong I have figured out
How this world turns cold and it breaks through my soul
And I know I’ll find deep inside me I can be the one…………

6. Avenged Sevenfold – Dear God

avenged sevenfold

“Avenged Sevenfold (source : myspace.com)”

Gak usah diceritain kayanya semua pasti udah pada tau dengan lagu ini, Dear God karya band metal alternative – Avenged Sevenfold. Cewek, cowok, tua, muda, pasti pernah denger lagu ini dan mungkin hanya hitungan jari yang bilang lagu ini bukanlah karya yang bagus. Avenged Sevenfold dengan segala skill bermusiknya, memadukan aransemen mereka dengan lirik lagu yang juga bertema religius. Sebuah karya yang luar biasa.

……………Dear God, the only thing I ask of you
Is to hold her when I’m not around
When I’m much too far away
We all need that person who can be true to you
But I left her when I found her
And now I wish I’d stayed
‘Cause I’m lonely and I’m tired
I’m missing you again, oh no…
Once again……………..

7. Nirvana – Something in The Way

nirvana

“Nirvana (source : aduphoto.com)”

 

Penggebrak sejarah industri musik ini dengan kehadirannya yang memberikan influence dimana-mana, cukup banyak menerbitkan mahakarya masterpiece. Mayoritas lagunya dikuasai oleh jenis musik grunge, didominasi oleh distorsi gitar kasar dan raungan suara si pentolan Kurt Cobain. Salah satu lagu mereka – Something in the Way – merupakan lagu penutup dari album legendaris Nevermind. Dan lagu ini juga dijadikan salah satu soundtrack film Jarhead.

……………..Underneath the bridge
The tarp has sprung a leak
And the animals I’ve trapped
Have all become my pets
And I’m living off of grass
And the drippings from the ceiling
It’s okay to eat fish
‘Cause they don’t have any feelings ……………….

Total Views: 7983 ,