Kemaren abis ngobrol bareng temen, dan baru menyadari ternyata selama percakapan tersebut cukup banyak panggilan yang terlontar. Bukan, panggilan disini bukan dalam arti nama panggilan sebenarnya, atau nama asli si temen tersebut, tapi dengan kata panggilan umum yang bahkan sering gak kita sadarin pengucapannya. Bahkan secara gak sadar panggilan unik begitu melekat dalam keseharian kita.

Faktanya di Indonesia, manggil temen dengan nama-nya adalah cukup aneh, terutama untuk kaum Adam. Gak percaya? Coba simak contoh percakapan berikut :

Temen 1 – namanya Jhonny (J)

Temen 2 – namanya Ody (O)

J : “Ody, malem ini bola yang main siapa?”

O : “kalo gak salah Arsenal vs MU, Jhonny”

J : “Wih..seru tuh! Nonton yuk, Ody”

O : “Yok, Jhonny!”

Kok, agak terasa janggal ya? Ya, emang terasa janggal tapi entah kenapa di Indonesia, sepertinya ada peraturan tidak tertulis bahwa percakapan antar mereka akan terlihat lebih gagah jika nama panggilan menggunakan kata-kata khusus, bukan dengan nama asli. Simak contoh berikut :

Thanks Bro

“Thanks Bro (source : powerlisting.wikia.com)”

Temen 1 – namanya Adam (A)

Temen 2 – namanya Choki (C)

A : “Men, malem ini bola yang main siapa?”

C : “kalo gak salah Vietnam vs Indonesia, bro

A : “Wih..seru tuh! Nonton yuk, men

C : “Yok, bro!”

Entah siapa yang memulai, dan entah juga siapa yang membudayakan, tapi berikut ini adalah 7 kata panggilan unik yang sering diucapkan kepada teman/sahabat/rekan dalam percakapan sehari-hari :

1. Bro

Panggilan unik paling umum antar kaum adam. Sebenarnya merupakan penggalan dari kata “Brother” yang berarti saudara laki-laki. Biasanya panggilan Bro ini digunakan untuk temen yang memang bener-bener akrab, atau sudah sering bercengkrama satu sama lain. Dan gak jarang juga kata Bro ini dipakai oleh kaum Hawa untuk memanggil temen laki-laki sebagai sebuah panggilan akrab.

Kata panggilan unik lain yang juga sering digunakan adalah dengan menambahkan kata Mas digabungkan Bro menjadi Masbro. Dan biasanya panggilan Masbro ini digunakan untuk teman atau rekan yang usianya lebih tua sedikit dibandingkan usia kita sendiri.

Bro, ntar sore kita jalan yuk..”

“Oke, masbro, nanti gue siapin bahan-bahannya..”

2. Bos

Nah, kata yang satu juga cukup sering terdengar dalam percakapan sehari-hari. Makna awal dari kata Bos ini adalah “Boss” yang artinya pemimpin atau seseorang yang dianggap sebagai ketua. Namun sekarang pemakaian kata Bos ini sudah bergeser maknanya, dan dipakai secara umum untuk semua kalangan. Seringnya digunakan untuk panggilan terhadap orang yang belum kita kenal dengan baik. Dan gak jarang, ketimbang menggunakan panggilan seperti Mas atau Bang, kata Bos juga sering digunakan untuk seseorang dalam lingkungan sekitar yang mungkin tidak kita tahu namanya, seperti : tukang ojek, penjaga warung, pengamen, temen sekantor, bahkan sekadar berbasa-basi dengan orang baru.

“Jadi brapa nih bos ongkosnya?”

3. Men

Kata ini sebenernya plesetan dari bahasa Inggris “Man” yang artinya lelaki atau pria. Seringkali kata “Man” ini dipakai sebagai bahasa pergaulan untuk teman akrab. Dan di Indonesia diplesetin lagi dengen mengganti vokal “a” menjadi vokal “e”, sesuai dengan lafal pengucapannya.

“Weiss,,darimana aja lo, men? Udah lama gak nongol kemari..”

4. Sob

Mungkin gak terlalu sering terdengar, dan hanya di kalangan anak muda atau remaja aja. Kata Sob merupakan penggalan dari kata “Sobat” yang juga merupakan istilah gaul dari Sahabat atau Teman. Dan ada beberapa yang mengatakan bahwa kata Sob ini merupakan kata Bos yang dibalik urutan hurufnya.

Sob, ambilin buku gue dong..”

5. Cuy

Hampir sama dengan kata Bos, penggunaan kata Cuy juga sering didengar dalam percakapan sehari-hari. Penggunaan kata Cuy in lebih kepada penekanan terhadap sang subjek lawan bicara, dan kalimat yang keluar akan terasa lebih lengkap ketimbang tanpa penggunaan kata panggilan.

Kata lain plesetan dari Cuy adalah Coy.

“Gak gitu juga kali, cuy..”

Coy, bisa kali gorengannya dioper kesini juga..”

6. Bray

Hampir sama dengan Sob, penggunaan Bray hanya sering terjadi di kalangan anak muda dan remaja nanggung. Bahkan seringkali diasosiasikan penggunaan kata Bray ini hanya untuk kaum Alay (entah apa alasannya?). Bray sendiri juga merupakan pleseten dari kata Bro, yang dimodif sedemikian rupa sehingga lebih gaul untuk didengar, dan ber-metamorfosis menjadi Bray.

Plesetan lainnya dari penggunann kata Bro adalah Brur. Di Indonesia sendiri, terutama di wilayah Timur, pemakaian kata Brur sangat lumrah. Dan sekarang juga Brur sudah mulai banyak digunakan, dan digunakan sebagai kata panggilan unik untuk teman sejawat.

“Yoi, bray,, cakep kan cewek gue, bray,,”

“Gapapa, brur..ntar gue aja yang bawa mobilnya”

7. Gan

Penggunaan kata ini masih sangat gres dan masih hangat. Berasal dari kata “Juragan” yang artinya hampir sama dengan “Bos” alias pemimpin atau seseorang yang dianggap sebagai ketua. Penggunaan kata Gan mulai marak di dunia maya, terutama sebagai panggilan untuk kaum Adam, baik yang kita kenal namanya maupun yang tidak kita kenal. Dan terkadang panggilan Gan ini terbawa-bawa sampai ke dunia sebenarnya.

“Siap, gan! Jangan lupa cendolnya ya, gan..”

Ya, itulah 7 kata panggilan unik yang seringkali kita ucapkan. Masih ada memang kata-kata lainnya, seperti : Kak (singkatan dari Kakak), Bang (singkatan dari Abang), atau Mas. Namun kata-kata tersebut emang lumrah digunakan sebagai kata ganti untuk panggilan kepada pihak lain. Dan sekali lagi, pilihan kata panggil adalah preferensi masing-masing, dan juga harus disesuaikan dengan keadaan dan siapa lawan bicara-nya.

Total Views: 16347 ,