Hello Everyone! Welcoming 2015! Hehe padahal udah hari ke-2 nih di tahun 2015.

Sebagai tindak lanjut dari postingan sebelumnya – 7 Hal Penting Dalam Mencapai Visi Di Tahun 2015 – gue mau nyoba breakdownย satu persatu tiap poin misi yang bakal ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Nomor 1 adalah : Team Work. Kenapa harus team work? Simpel, karena kerjaan gue sekarang maupun yang terdahulu sangatlah membutuhkan team work yang mumpuni. Dan kerja dalam sebuah team itu gak gampang! Perbedaan karakter dalam sebuah team bisa menjadi barrier dalam pencapaian visi bersama.

Cukup banyak sebenernya gue terlibat dalam team. Mulai dari sekolah sampai kuliah, kebanyakan sih sifatnya kelompok buat ngerjain tugas atau team futsal dan sepakbola hehe.ย Yang agak serius mungkin adalah team dalam bentuk organisasi kemahasiswaan. Sementara dalam dunia nyata, pekerjaan gue yang pertama sebagai konsultan energi lebih banyak memberikan pekerjaan secara individual.

Flashback, finally kesempatan gue mencicipi bekerja dalam sebuah team formal di dunia kerja, hadir di pekerjaan gue yang kedua di industri perbankan. Awalnya team ini dibentuk sebagai prototype dan juga pioneer pengembangan STP (Segmentation, Positioning, Target) perusahaan. As you know, sebuah perusahaan besar tidak akan puas jika sudah mapan berada dalam sebuah segmentasi, dan pasti akan melebarkan sayapnya ke segmen lain (‘anjis, bahasa gue intelek banget yak’ ๐Ÿ™‚ )

Dari yang sebelumnya lebih banyak bekerja secara individual, kemudian berpindah ke dalam sebuah team, pastinya banyak hal yang musti dipelajari terlebih dahulu. Gue inget petuah dosen gue waktu kuliah dulu (sayangnya gue gak inget nama dosennya siapa…), know your team first then catch the knowledge!

Total jenderal ada 6 orang lain yang terlibat dalam pembentukan awal tim ini. Sekalian lah kenalan sama timnya disini yak (nama sebenarnya..). Ada Mr. Syafrudin dan Mr. Eddy, dua tokoh senior yang gak usah diragukan lagi ilmu perbankannya. Dua tokoh ini adalah katalisator dalam pembentukan team ini, yang diberi nama CCM (Commercial Cash Management). Dua tokoh yang wajib dihormati, cerdas, business-oriented, dan juga hobi bermain sepeda. Catet!

Next, ada Mrs. Charma dan Mr. Inu, dua tokoh eksis di perusahaan. Sebelumnya mereka berdua malang melintang berada di kantor wilayah/cabang, dan kemudian pindah ke HO. Sudah pasti pengalaman mereka gak perlu diragukan, cerdas, punya banyak kenalan, business-oriented, smart, dan banyak ide-ide kreatif dan menarik. Sebuah pengalaman yang sangat berharga bisa bekerja sama dengan orang seperti mereka. Selain itu keduanya hobi jajanย dan jalan, hehe. Catet lagi!

Dua anggota terakhir, sesama rekrutan baru di perusahaan, Mr. Bagya dan Mr. Oden. Gue cukup mengenal lama Mr. Bagya (pelatihan bareng) : cerdas, teratur, process-oriented, dan tenang. Sementara Mr.Oden, adalah rekrutan teranyar (fresh from the oven), cerdas, think out of the box, IT-man, gamers sejati, dan humble. Sama seperti dua tokoh yang disebutkan sebelumnya, 2 orang ini juga hobi jajan serta bermain sepeda. Catet juga!

CCM Team

“CCM team (ki-ka : Mr. Bagya – Mr. Oden – Mr. Eddy – Mrs. Charma – Mr. Inu – me – Mr. Syafrudin)”

Oke, gue udah nyatet dalam memori gue keseluruhan karakter personil yang bakalan satu team ke depannya. Cukup unik memang rasanya menyatukan kepingan puzzle-puzzle karakter tersebut dan coba menyusun menjadi rangkaian yang pas dan tidak saling bertabrakan. Dan apa yang gue tangkep, kata kunci dalam penyusunan kepingan puzzle karakter tersebut adalah, komunikasi dan tanggung jawab!

Hal pertama, komunikasi, the best way to earn great communication is, to find the similarity! Hampir semua lelaki di tim ini, doyan sepedaan. Dan pas gue sendiri doyan banget sepedaan. Klop sudah! Meskipun gak ada hubungan dengan kerjaan, namun gue yakin banget komunikasi satu sama lain bakal lebih mudah terjalin. Sama halnya dengan sepedaan, semua anggota team ini doyan jajan dan jalan. Makin lengkap! Gue rasa komunikasi yang baik pasti bisa terjalin. Hal kedua, tanggung jawab, adalah hal yang pasti dimiliki setiap pegawai dalam bentuk job description. Namun dalam sebuah team, apalagi pioneer team, would be great if each member does everything. Job desc tetap prioritas, namun memastikan kerjaan lain di luar job desc selesai, adalah nilai tambah tersendiri. Dan apa yang gue liat, di team ini semua orang dengan sukarela mengerjakan apapun : sales things, product things, IT things, everything! Dan gue sangat salut buat senior-senior yang berani ngajarin hal tersebut tanpa maksud menggurui.

Oke Pak Dosen yang gue lupa namanya, know team first, udah dilaksanakan! Berikutnya adalah catch the knowledge. Untuk hal yang satu ini gue rasa manfaat dari team work yang baik adalah kita bisa menyerap semua ilmu positif plus melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Dari sini kita bisa tau, apa sih kekurangan kita, dan kita bisa melirik ke anggota team, apa aja sih kelebihan mereka.

– Mr. Syafrudin dan Mr. Eddy sangat banyak mengajarkan ilmu perbankan. Bagaimana cara berkomunikasi secara eksternal dan juga internal. Bagaimana cara menjalani dan menikmati hidup. Dan juga cara bersepeda yang baik dan benar! Really appreciate that ๐Ÿ™‚

– Mrs. Charma dan Mr. Inu sangat banyak mengajarkan cara berkomunikasi dan cara bersikap yang baik. Bagaimana cara menghadapi internal perusahaan, cara melakukan pendekatan kepada client, dan bagaimana menyusun strategi marketing yang mumpuni. Mengajarkan bagaimana pengalaman bisa menjadi guru yang baik. Kemudian bagaimana cara ngabur makan siang dan gak dimarahin hehe. Yah, everything you need to know as freshman at the office. And i’m still doing that haha ๐Ÿ™‚

– Mr. Bagya dan Mr. Oden sangat banyak mengajarkan pentingnya teknis dan proses yang baik dalam sebuah kegiatan. Bagaimana menyusun strategi, bagaimana menggunakan perangkat keras maupun lunak. Bagaimana cara memainkan game dengan baik dan benar, tanpa ketahuan atasan hehe. Enjoy, man! ๐Ÿ™‚

Kalo gue jabarin apa aja yang gue dapetin, mungkin postingan ini bisa bersambung sampai beberapa episode. Yang pasti, gue gak bakal lupa dengan apa yang udah gue dapet di team ini. Dan semoga aja mereka juga bisa mendapat imbal balik hal-hal positif yang bisa dipelajarin dari gue (‘itu juga kalo ada sih..’). Walaupun gue udah pindah perusahaan, ke sebuah perusahaan asuransi (lebih banyak bekerja secara individual), dan sekarang pindah ke start-up company dimana sangat dibutuhkan team work yang sempurna, gue tetap menjadikan team CCM ini sebagai referensi dalam bekerja untuk sebuah team. Bagaimana definisi sebuah team yang baik, dan bagaimana seharusnya sebuah team work dapat bekerja dengan baik. And i’m really grateful for everything from them. Dan juga kepada dosen yang masih gue lupa siapa namanya, thanks untuk ilmu bergunanya : know your team first and catch the knowledge!

Total Views: 5517 ,