Pada era sekarang, masyarakat semakin dihadapkan oleh banyaknya pilihan seiring meningkatnya kemajuan teknologi. Contoh paling mudah adalah pilihan dalam melakukan pembayaran. Jika dahulu masyarakat mengenal metode pembayaran secara tunai, kemudian mengalami perkembangan melalui metode pembayaran kartu seperti kartu kredit dan kartu debit. Dengan semakin majunya pola pemikiran dan tingkat kebutuhan masyarakat, beberapa perusahaan teknologi dan juga perbankan saling berlomba untuk menciptakan metode pembayaran terbaru yang dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Dimulai dengan dikembangkannya teknologi uang elektronik atau biasa disebut e-money. Pembayaran alat transportasi atau pembayaran transaksi ritel adalah contoh transaksi yang bisa dilakukan menggunakan e-money. Sekarang telah muncul juga beberapa teknologi terbaru menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) atau memindai kode QR (Quick Response). Pemerintah melalui Bank Indonesia pun turut menginisiasi perubahan paradigma dalam metode pembayaran masyarakat. Terhitung sejak tahun 2014, Bank Indonesia mencanangkan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Program GNNT ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, dimana tujuan akhirnya adalah terbentuknya suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai atau disebut dengan istilah Less Cash Society, terutama dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya (sumber : bi.go.id).

Solusi Pay by QR

Hal tersebut diatas rupanya menjadi pemicu beberapa perusahaan startup di tanah air untuk mengembangkan platform pembayaran digital. Salah satunya adalah PT. Dimo Pay Indonesia, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Jakarta. Startup ini memperkenalkan solusi pembayaran terkini dengan branding Pay by QR. Jadi sebenarnya apa itu Pay by QR?

Menurut Dimo Pay Indonesia, masyarakat Indonesia membutuhkan solusi lain selain pembayaran cash dan kartu (debit atau kredit) untuk dapat lebih memudahkan proses pembayaran. Pay by QR adalah solusi pembayaran dengan memanfaatkan pemindaian kode QR (Quick Response). Teknisnya adalah, pembeli akan membeli suatu barang, dimana barang ini masing-masing telah dilengkapi dengan kode QR yang berisikan informasi berupa harga dan nama merchant. Semudah itu, pembeli hanya cukup melakukan pemindaian melalui smartphone mereka untuk menyelesaikan transaksi dan melakukan pembayaran atas barang yang dibeli tersebut. Cukup mudah dan simpel.

Penggunaan Solusi Pay by QR, cukup dengan memindai kode QR

“Penggunaan Solusi Pay by QR, cukup dengan memindai kode QR”

Keuntungan bagi pembeli adalah, mereka tidak lagi harus menyediakan atau membawa uang cash, juga tidak perlu lagi menyimpan uang receh hasil kembalian. Dengan proses yang cepat dan mudah, pembeli juga dimungkinkan untuk menikmati promo-promo terkini dari merchant. Sementara keuntungan bagi penjual adalah, mereka tidak perlu lagi direpotkan dengan rekonsiliasi penerimaan pembayaran atas hasil penjualan mereka. Juga, penjual atau merchant tidak dipusingkan lagi dengan penyimpanan uang cash di toko mereka. Para merchant dapat melakukan penagihan dengan menampilkan kode QR melalui hasil cetakan pada mesin Electronic Data Capture (EDC) yang sudah ada, monitor komputer, stiker tempel, maupun langsung pada layar smartphone dengan menggunakan fasilitas QR Cashier (juga merupakan salah satu solusi dari Dimo Pay Indonesia).

Cetak struk berisikan kode QR melalui mesin EDC

“Cetak struk berisikan kode QR melalui mesin EDC”

Solusi pembayaran melalui pemindaian kode QR ini dinilai merupakan solusi alternatif pembayaran baru yang efisien, efektif dan juga aman untuk digunakan oleh masyarakat Indonesia.  Secara teknis, solusi Pay by QR ini diintegrasikan pada layanan mobile banking dari bank, maupun aplikasi uang elektronik dari bank dan juga perusahaan telco. Integrasi ini berfungsi untuk ‘menanamkan’ fitur Pay by QR ke dalam aplikasi, sehingga pengguna dapat menggunakan sumber dana dari mobile banking atau aplikasi uang elektronik tersebut sebagai sumber pembayaran. Dimo Pay Indonesia sendiri menyebut solusi Pay by QR ini  bersifat inklusif, dalam artian Dimo Pay Indonesia menyediakan sebuah solusi  yang dapat digunakan oleh sumber dana manapun (bank, telco, e-wallet), pengguna smartphone dengan jenis dan tipe apapun, dan juga merchant atau penjual manapun.

Cara menggunakan solusi Pay by QR

Untuk menggunakan solusi Pay by QR, terlebih dahulu pengguna harus memiliki 1 diantara 4 aplikasi mobile berikut ini :

  1. Dompetku dari Indosat
  2. Simobi dari Bank Sinarmas
  3. Uangku dari Smartfren
  4. Zimple Pay dari El-John

Aplikasi Mobile untuk menggunakan solusi Pay by QR (source : dimo.co.id)

“Aplikasi Mobile untuk menggunakan solusi Pay by QR (source : dimo.co.id)”

Untuk mengakses satu dari empat aplikasi tersebut diatas, para pengguna dapat mengunduh langsung aplikasi via Google Play Store (bagi pengguna sistem operasi Android), atau via Apple Store (bagi pengguna sistem operasi iOS).

Sebagai ilustrasi berikut adalah gambaran penggunaan solusi Pay by QR dengan menggunakan aplikasi Uangku.

1. Pertama, tentunya sebagai pengguna harus mengunduh aplikasi Uangku dan melakukan registrasi awal.

 

Aplikasi Uangku pada Google Play Store

“Aplikasi Uangku pada Google Play Store”

2. Setelah selesai melakukan registrasi, pengguna dapat melakukan pengisian saldo Uangku.

Tampilan menu Pay by QR pada Home Screen aplikasi Uangku

“Tampilan menu Pay by QR pada Home Screen aplikasi Uangku”

3. Untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan solusi Pay by QR, klik tombol “Pay by QR” pada bagian bawah aplikasi

4. Kemudian pengguna melakukan pemindaian kode QR yang diberikan oleh kasir pada merchant. Seperti disebutkan diatas, ada beberapa cara bagi merchant untuk menghasilkan kode QR.

5. Setelah selesai melakukan pemindaian, pada layar smartphone akan terlihat jumlah nominal yang harus dibayar. Pengguna kemudian menekan tombol “Bayar” untuk melakukan pembayaran, dengan catatan saldo Uangku masih mencukupi.

Konfirmasi Pembayaran

“Konfirmasi Pembayaran”

6. Pembayaran telah berhasil, dan kasir di merchant akan mendapatkan konfirmasi pembayaran.

Pembayaran telah berhasil

“Pembayaran telah berhasil”

 

Cukup mudah bukan?

Selain kemudahan dalam melakukan pembayaran, pemakaian Pay by QR juga memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai promo ataupun diskon yang ditawarkan oleh merchant. So,  selain cepat dan mudah, transaksi pembelian kita pun akan mendapatkan potongan harga. Untuk info lebih lanjut mengenai solusi Pay by QR dapat dilihat pada tautan berikut : https://www.dimo.co.id/paybyqr

Total Views: 14103 ,